Teater? Apa'an sih?

28 April 2011

Ketika kita mendengar kata teater, hal apa yang ada dalam pikiran kita??? Apakah teater merupakan sebuah tontonan atau bahkan sebuah pertunjukan yang menarik? Atau malah pikiran kalian, teater merupakan orang-orang yang tampil dengan unik, benyanyi, atraktif dengan lampu-lampu yang tertata rapi?? Memang sebuah pendapat boleh berbeda kawan, tapi kita juga harus tahu pengertian dari teater, mana yang termasuk teater atau dimana teater itu bisa ditampilkan. Mari kita bahas satu per satu. 
Teater berasal dari bahasa Yunani “teathron” yang artinya tempat pertunjukan, ada juga yang mengartikan gedung tempat teater itu dilakukan dengan sebutan stage. Dalam arti luas, teater adalah segala tontonan pertunjukan yang dilakukan diatas panggung dengan penonton yang banya, misal wayang golek, lenong, ketoprak, ludruk, reog dan sebagainya.
Manusia merupakan unsur utama dan yang paling penting untuk sebuah pertunjukan teater. Didukung pula dengan unsur alat yang akan menjadi media dalam pertunjukkan teater. Dalam drama pentas, unsur aksi, peran dan akting merupakan factor yang dominan. Dalam arti, ketiga unsur tersebuat harus ada dalam sebuah pertunjukan teater.
Sebagai karya yang dramatik, ditemukan pula unsur yang lain dalam teater yaitu : tema, alur, plot, pelaku dan watak masing-masing. Dalam arti sempit teater kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan diatas pentas, disaksikan oleh banyak orang dengan percakapan, gerak dan laku yang didasarkan pada naskah yang tertulis di iringi oleh music, nyanyian dan tarian. (banyak juga pengertian sempit teater, hmm).
Teater memiliki fungsi antara lain : mencerminkan nilai-nilai keindahan diri pada manusia, membimbing peradaban, menyajikan gagasan, member hiburan, dan masih bnyak lainnya. Sanyang ya, sebagai contoh kesenian ludruk, sekarang jarang yang mau nanggap. Kata mbah ku, jaman dulu masyarakat menjadikan ludruk sebagai hiburan tiap minggunya, walaupun tidak begitu megah perntunjukkannya. Itu membuktikan bahwa masyarakat jaman dulu, memiliki rasa cinta budaya yang amat tinggi.

share on facebook

0 komentar:

Posting Komentar

free counters

Harga Blog IniRp 4,6 JutaVERY GOOD

IP

Blog Archive


ShoutMix chat widget

Yudhaime's Site